JUTAAN RUPIAH

Tanpa atau dengan modal kurang dari Rp. 50.000 bisa datangkan Jutaan Rupiah atau Sampai MILYARAN RUPIAH

2010-04-25

Hati-Hati berjejaring Sosial

Twitter

Twitter, siapa yang tidak kenal dia??? yaa... benar situs jejaring sosial seperti Facebook yang banyak digunakan di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Situs jejaring sosial mendunia sangat berguna untuk menjalin hubungan entah sahabat, kerabat, pacar, atau apalah(emankna gw tau...). Ada kebaikan pasti ada Kejahatan, ya benar... dibalik itu semua pasti ada aja orang jahat di dunia maya yang sering kita sebut Hacker. Berhati - hatilah berjejaring sosial di dunia cyber(Maya).



Ema Linaker, Global Head of Online Engagement AVG, perusahaan keamanan komputer, dalam siaran persnya, bahwa ancaman yang paling populer saat ini adalah Phising atau disebut juga situs palsu. Pelaku biasanya mencuri account korban lalu menggunakan account tersebut untuk mengirimkan Direct Message kepada follower account tersebut. Direct Message itu akan berisi link yang akan menuntun pengguna ke sebuah situs palsu. Setelah itu, pencurian informasi dan data pun dimulai.

Linaker memberikan 10 Tips pengguna Twitter agar aman berjejaring sosial (dan saya agak rombak sedikit):
1. Batasi Pembicaraan Anda.
Pengguna selalu saja berbicara untuk menentukan lokasi dimana akan bertemu atau berbicara yang sifatnya Privacy(Rahasia gitu...).

2. Berhati-hatilah membuka link(tautan).
Banyak orang yang menggunakan fitur untuk memperpendek alamat link(tautan). Fitur AVG LinkScanner pada Antivirus AVG dapat digunakan untuk memeriksa Link(tautan) tersebut. Namun kalau ada keraguan lebih baik jangan dibuka linknya, jika ingin aman atau selamat dari bahaya.

3. Tetaplah siaga atau waspada.
Waspadai kegiatan mencurigakan di timeline atau inbox. Bila ada pesan yang mencurigakan atau teman Anda mengirimkan pesan berbau spam, sebaiknya pastikan apakah account rekan tersebut dibobol atau tidak oleh Hacker.

4. Berpikir sebelum memposting apa yang anda pikirkan.
Tweet dapat dibaca oleh semua orang bahkan setelah dihapus. Pikirkanlah baik-baik apa yang hendak Anda tulis.

5. Jangan terlalu Percaya
Anda tidak pernah tahu siapa saja follower Anda. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang mungkin memiliki niat buruk.

6. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga(Third Party Applications)
Ada ratusan aplikasi di Twitter. Sebelum Anda menggunakan atau meng-Allow, pastikan keamanannya. Carilah aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat aplikasi itu selalu meminta Informasi Account Twitter anda, ID dan Password anda.

7. Informasi Password
Gunakan password dan E-mail berbeda untuk setiap account jejaring sosial Anda. jika ingin aman atau selamat dari bahaya. Karena Setiap Account jejaring sosial anda Passwaord dan Emailnya sama, jika ada yang menjebol satu saja account jejaring sosial anda, maka semuanya akan terjebol(bukan nyumpahin ya...).

8. Saat Log in
Perikasalah apakah Situs menggunakan Protokol https:// atau ada gambar kunci gembok pada status bar, maka bisa dikatakan anda pada daerah yang aman(Secure).
Jika anda menggunakan komputer diwarnet atau tempat umum, pastikan anda sudah log out dari account Twitter anda jika sudah selesai, dan pastikan anda menghapus semua Chace yang terakam dalam komputer yang sedang anda gunakan

9. Waspadalah Terhadap Serangan Phising
Berhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi melalui tweet atau DM.

10. Saat Menggunakan Telepon Seluler
Berhati-hatilah dengan telepon seluler dan siapa-siapa saja yang dapat menggunakannya. Bila Anda memiliki aplikasi Twitter, pastikan Anda selalu log out setelah menggunakan.

That's All semoga anda bersenang-senang berjejaring sosial di dunia Cyber dan selalu aman Ciao...

1 comment:

Soal Update Terakhir

Template Modification By MyWriterNote